SISTEM PENGOBATAN DENGAN KOP

Cupping Therapy adalah cara pengobatan Tradisional Cina juga, dan ini merupakan salah satu bagian dari pengobatan akupunktur dengan menggunakan alat yang terbuat dari gelas atau sekarang sudah banyak beredar alat-alat untuk kop yang terbuat dari gelas pelastik. Dengan alat yang baru ini yaitu alat yang terbuat dari pelastik, tergolong sangat peraktis digunakan, karena untuk membuat udara penyedot tidak menggunakan api, melainkan dengan dara di sedot langsung menggunakan alatnya seperti spait. Tujuan and efeknya sama juga.

Dan cara penggunaannya yang secara tradisional adalah dengan menggunakan geals yang terbuat dari kaca, lalu dimasukan api dari kapas yang di basahi alkohol kedalam gelas tersebut untuk membentuk tekanan udara didalam gelas sehingga gelas tersebut kalau ditempelkan pada tubuh kita, akan menempel dan menyedot dengan kuat. Gelas-gelas tersebut dilekatkan di daerah titik - titik akupunktur yang ada di punggung, pinggang, dada dan daerah perut selama 15-20 menit.

Dengan cara pengobatan seperti ini si pasien tidak merasakan sakit apa-apa. Penyakit-penyakit yang bisa di terapi dengan cara kop ini adalah penyakit tertentu saja yang bersifat Yang (panas, atau golongan ekses) seperti: sakit pinggang yang disertai susah buang air besar, itupun kalau mau efeknya maksimal, haris dikombinasi dengan akupunktur, penyakit lainnya seperti masik angin, pegal-pegal di daerah punggung, demam yang diakibatkan oleh masuk angin. Orang terlalu kurus dan tergolong pada keadaan lemah, juga penyakit golongan dingin, tidak di anjurkan dengan cara pengobatan ini.

 

KEROKAN THERAPY (PENGOBATAN DENGAN CARA DIKEROK)

Sebetulnya pengobatan dengan cara kerokan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita, terutama masyarakat Jawa dan Bali, begitu pun dengan daerah lainnya. Kerokan bisa disebut pengobatan tradisional kita, yang sejak dahulu diperaktekan oleh banyak orang. Walaupun pengobatan kerokan ini tak seorangpun tahu sejak kapan kerokan itu dipakai sebagai cara untuk mengobati.

Yang jelas kerokan sudah ada sejak pada zaman kerajaan di negri kita. Di masyarakat kita kerokan tidak dilakukan dengan seorang ahli pengobat khusus seperti tabib dan lainnya, melainkan diperaktekan oleh hampir setiap orang, ibu rumah tangga, bapak dan sebagainya. Dan mungkin anda sendiri, juga sering melakukannya untuk mengerok suami atau istri atau anak dan siapa saja.

Sebetulnya kerokan adalah aman untuk digunakan, hanya saja apabila anda kerokan dengan menggunakan uang koin, harus terlebih dulu uang itu di steril dulu dengan air panas atau dengan alkohol. Gunakan alat yang bersih dan terbebas dari kuman. Kalau di daerah anda ada pengobatan yang menyediakan layanan kerok, menurut saya tidak ada salahnya untuk mencoba therapi ini karena sedikit banyak kita akan bisa merasakan efeknya, terutama kalau kita sedang gak enak badan kerena kecapean atau karena masuk angin.

Memang kerokan hanya digunakan untuk orang yang masuk angin dan pegal-pegal saja, batuk pilek, atau dipakai sebagai kesenangan saja.

Copy right © Ubud Healing Centre 2008
Lihat map lokasi Ubud Healing Center
Kop, copping therapy in Bali, Traditional Medicine in Indonesia, Ubud Bali
Halaman Utama
Tentang Kami
Konsultasi
Akupunktur
Therapi Lain
Kontak Kami

Ubud Healing Center memberikan pelayanan kesehatan dengan pengobatan Tradisional Cina; akupunktur moxibusi, ramuan China dan lain sebagainya terhadap masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri. Didirikan di Bali sejak tahun 1991. Almat: Jl. Hanoman Ubud 80571 Bali Tlp: 0361.7492382 Email: klik kontak kami atau langsung kirim ke:

info@ubudhealingcenter.com